1 Petahana Akan Tersisih Dari Dapil 1 Kabupaten Samosir. Siapakah Dia? -->

1 Petahana Akan Tersisih Dari Dapil 1 Kabupaten Samosir. Siapakah Dia?

Suriono Brandoi
Minggu, 23 September 2018
65 Caleg Perebutkan 8 Kursi Tersedia
Samosir(ST)
Tanggal 21 September 2018 kemarin, KPU Kabupaten Samosir telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Samosir yang akan memperebutkan 25 kursi untuk pemilihan legislatif tahun 2019.

Dari 188 DCT yang terdaftar, 65 orang merupakan caleg dari Daerah Pemilihan 1 (Mencakup Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta) yang akan memperebutkan 8 kursi yang tersedia.

Jika melihat peta pencalonan pileg 2019 ini, dari 12 petahana yang terpilih dari dapil 1 pada pileg 2014 lalu, akan ada petahana yang tidak bisa lagi mempertahankan kursinya.

Ya, saat pileg 2014 lalu, kala itu dapil 1 masih mencakup Kecamatan Pangururan, Simanindo dan Ronggur Nihuta. Dan kursi yang diperebutkan masih 12 kursi.

Namun untuk pemilihan umum tahun 2019 nanti, di Kabupaten Samosir ada penambahan dapil yang tadinya hanya tiga dapil menjadi empat dapil.

Yakni dapil 1 mencakup Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta, dapil 2 mencakup Kecamatan Simanindo dan Onan Runggu, dapil 3 mencakup Kecamatan Palipi dan Nainggolan, serta dapil 4 mencakup Kecamatan Sitiotio, Harian dan Sianjur Mulamula.

Karena penambahan dapil tersebut membuat kuota kursi yang diperebutkan di dapil 1 yang tadinya 12 kursi berkurang menjadi 8 kursi. Untuk dapil 2 dan 3, masing-masing dapil akan memperebutkan 6 kursi, serta untuk dapil 4 memperebutkan 5 kursi.

Sehingga dari 12 anggota DPRD Samosir dapil 1 tersebut, dipastikan empat orang akan tersisih. Namun karena dua diantaranya memilih pindah dapil yakni Ketua DPRD Samosir, Rismawati Simarmata (PDIP) memilih pindah ke dapil 2 yang mencakup Kecamatan Simanindo dan Onan Runggu.

Satu lagi, Ronal Nirma Sihotang PAN) memilih pindah ke dapil 4 yang mencakup Kecamatan Sitiotio, Harian dan Sianjur Mulamula.

Sedangkan satu lagi anggota DPRD Samosir periode 2015-2019 yakni Vanda L. Sidabutar (P. Gerindra) memastikan diri tidak akan ikut lagi dalam bursa perebutan kursi parlemen Kabupaten Samosir.

Maka untuk pemilihan legislatif tahun 2019 di daerah pemilihan 1 Kabupaten Samosir hanya diikuti 9 petahana. Sehingga dipastikan, apapun hasil dari pileg 2019, satu petahana tidak akan mampu mempertahankan kursinya.

Terlebih melihat banyaknya muncul caleg-caleg pendatang baru yang potensial merebut kursi empuk perwakilan rakyat itu. Sudah barang tentu akan semakin memupus harapan para petahana mempertahankan kursinya.

Lantas, siapakah diantara ke 9 anggota DPRD Samosir dari dapil 1 yang akan tersisih dari perebutan 8 kursi pada pileg 2019?Yang tersisih nantinya tergantung sejauh mana mereka memainkan strategi dalam pertarungan merebut hati rakyat.

Kesembilan anggota DPRD petahana tersebut, yakni Jonner Simbolon dan Hendrik Naibaho dari Partai Nasdem. Sorta Siahaan dan Arnold Sitanggang dari PDIP. Mardan Sihotang (Partai Gerindra), Rosinta Sitanggang (Partai Golkar), Nasib Simbolon (PKB), Baringin Sihotang (Partai Demokrat) dan Junjungan Situmorang (Partai Hanura).

Dan inilah ke 65 caleg dapil 1 dari Kabupaten Samosir. Tentukan pilihanmu. Pilihlah calon yang benar-benar merakyat dan pembela suara rakyat. Jangan sampai salah pilih. Sudah cukup kita dikenyangkan janji-janji manis tapi perbuatan jauh api dari panggang.

Selamat bertarung juga bagi para calon legislatif. Rebutlah hati rakyat dengan ide dan gagasan anda, tidak semata-mata hanya mengandalkan popularitas terlebih materi yang anda miliki.
SUARA TOBA/SBS.