Tumbur Naibaho: Dukungan Media Massa Tingkatkan Semangat Kembangkan KMM -->

Tumbur Naibaho: Dukungan Media Massa Tingkatkan Semangat Kembangkan KMM

Suriono Brandoi
Rabu, 30 Januari 2019
Ketua KMM, Tumbur Naibaho bersama istri, Jusniar Simbolon berphoto dengan latar belakang kantor pusat usaha yang ia rintis dan kini sudah sukses.
Samosir(ST)
“Dukungan media massa yang positif selama ini sangat membantu kami dalam menyosialisasikan Koperasi Makmur Mandiri (KMM) sehingga banyak masyarakat tertarik untuk bergabung dan menjadi anggota,” ujar Ketua KMM, Tumbur Naibaho saat menyampaikan laporan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018, Selasa (22/1/19) di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Menurutnya, gencarnya pemberitaan yang positif terhadap KMM membuat koperasi makin mendapat tempat di hati masyarakat. Selain itu semangat dan kepercayaan diri dalam mengelola koperasi ini semakin meningkat. Baik pimpinan pusat dan pimpinan cabang serta para karyawan.

"Terima kasih banyak bagi media-media yang telah turut mendukung kami selama ini. Semoga senantiasa tidak henti mendukung kami untuk turut membantu mengapai target dan program yang direncanakan," kata Tumbur.

Tak ayal, besar kecilnya pengaruh pemberitaan positif media massa terhadap KMM turut ambil andil dalam mengantarkan Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri membukukan kinerja usaha kinclong sepanjang tahun 2018 dengan kenaikan jumlah anggota lebih dari 100 persen.

Jumlah anggota per Desember 2018  tercatat  31.951 orang, naik 187 persen dari tahun 2017 sebanyak 11.135.

"Peningkatan anggota tersebut berimplikasi positif terhadap pertumbuhan aset sebesar Rp307,947 miliar atau naik 52,60 persen dibanding 2017 sebesar Rp201,747 miliar," kata putra kelahiran Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir tersebut.

Selain itu, koperasi yang berkantor pusat di Kota Bekasi Jawa Barat ini, juga membukukan prestasi sebagai koperasi pertama yang menyelenggarakan rapat anggota melalui tele conference.

KMM kini memiliki 107 cabang di 16 provinsi dan menargetkan pertumbuhan hingga 125 kantor cabang di 20 provinsi. Program jangka panjang koperasi ini lima tahun ke depan akan mendirikan 200 kantor cabang di 34 provinsi yang akan dilayani sekitar 2000 karyawan.

“Lima tahun ke depan kami berharap bisa kantongi aset hingga Rp1 triliun dengan volume usaha Rp1,1 triliun," kata suami Jusniar Simbolon itu.

SUARA TOBA/SBS.