Ketua KSP Makmur Mandiri, Tumbur Naibaho Raih Penghargaan Bakti Koperasi 2019 -->

Ketua KSP Makmur Mandiri, Tumbur Naibaho Raih Penghargaan Bakti Koperasi 2019

Suriono Brandoi
Sabtu, 13 Juli 2019
Tumbur Naibaho saat menerima penghargaan Bakti Koperasi dari Menteri Koperasi.
Samosir(ST)
Jika tahun 2018 lalu pada peringatan hari koperasi, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri meraih penghargaan sebagai koperasi berprestasi, kali ini giliran pendiri sekaligus Ketua Pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri, Tumbur Naibaho yang kembali mendapatkan penghargaan Bhakti Koperasi 2019 dari Pemerintah Republik Indonesia.

Pemberian penghargaan ini tertuang dalam surat Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2019 tentang pemberian penghargaan atau Jasa Bakti koperasi dan usaha kecil dan menengah tahun 2019.

Dan penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga dalam peringatan Hari Koperasi Nasional ke 72 tahun 2019 di GOR Satria Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah.

Tumbur Naibaho dinilai telah berperan aktif dalam mensukseskan pembinaan dan pengembangan koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah kerjanya khususnya dalam memajukan KSP Makmur Mandiri yang dipimpinnya sehingga dapat dijadikan contoh dan teladan kepada masyarakat lainnya.
Tumbur Naibaho, Ketua KSP Makmur Mandiri.
Dihubungi melalui WhatsApp, Tumbur mengungkapkan, rasa syukur dan terima kasih baik kepada jajaran Pengurus KSP Makmur Mandiri maupun para anggotanya.

“Anugerah Bhakti Koperasi 2019 ini semakin meningkatkan citra KSP Makmur Mandiri sebagai koperasi yang terpercaya,” ungkap Tumbur.

Pada tahun sebelumnya KSP Makmur Mandiri telah dinobatkan oleh Pemerintah sebagai Koperasi Berprestasi. Gelar Bhakti Koperasi 2019 menambah panjang daftar penghargaan yang diterima oleh KSP Makmur Mandiri.

"Deretan gelar yang diterima KSP Makmur Mandiri merupakan bukti bahwa usaha kami dikelola secara profesional dan kredibel,” pungkasnya.

Terkait penghargaan Bakti Koperasi yang diraih Tumbur Naibaho, semakin mengukuhkan andil besarnya dalam memajukan KSP Makmur Mandiri.

Bagaimana tidak, KSP Makmur Mandiri yang saat ini masih berusia 10 tahun sudah semakin memperkokoh eksistensinya sebagai salah satu koperasi besar di Indonesia.

Dalam perjalanan KSP Makmur Mandiri, Tumbur Naibaho, putra kelahiran Desa Tanjung Bunga, Kabupaten Samosir itu mengelola usahanya dengan strategi perencanaan dan pengembangan usaha yang matang dan rinci.
Hasilnya terlihat dari kinerja KSP Makmur Mandiri yang kinclong. Dibawah “tangan dingin” Tumbur, usaha KSP Makmur Mandiri terus berkembang yang ditandai dengan jaringan kantor yang  bertambah dan dibarengi kepercayaan masyarakat yang terus meningkat dengan tumbuhnya jumlah anggota.

Selain itu, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini KSP Makmur Mandiri telah membukukan berbagai penghargaan. Salah satunya rekor Muri tahun 2018. Atas rekor koperasi simpan pinjam pertama yang rapat anggota tahunan (RAT) melalui video conference.

Disampingi itu, Koperasi Makmur Mandiri adalah salah satu koperasi dengan unit usaha simpan pinjam, yang berhasil menjalankan usaha sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang Koperasi dan prinsip dasar perkoperasian.

Koperasi ini memiliki karakter keterbukaan dan sukarela, dikelola secara mandiri dengan cara yang demokratis. Kekuasaan tertinggi ada pada Rapat Anggota, keuntungan koperasi dalam bentuk Sisa Hasil Usaha (SHU) dibagi secara adil, sesuai kesepakatan dalam Rapat Anggota.

Saat ini, KSP Makmur Mandiri sudah tersebar di 20 provinsi di seluruh tanah air dengan 130 cabang, 1200 karyawan dan total anggota mencapai 41.427 orang.

"Sukses dicapai KMM dengan membukukan aset lebih dari Rp400 miliar. Dan semua itu berkat kerja tim yang melibatkan banyak tenaga muda profesional," ujar suami dari Jusniar Simbolon itu.
Dengan asumsi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya, KSP Makmur Mandiri berencana untuk memperluas jaringan kantor layanan dengan membuka kantor cabang di wilayah potensial.

"Hingga 4 tahun mendatang, KSP Makmur Mandiri membidik aset sebesar Rp 1 triliun dengan 200 kantor cabang di seluruh Indonesia dan 120 ribu orang anggota serta 2.000 karyawan," harap putra dari 12 bersaudara tersebut.

Tumbur meyakini, dengan dukungan seluruh anggota dan tim kerja yang solid target ini dapat terealisasi. “Kami yakin kinerja KSP Makmur Mandiri terus tumbuh dan semakin dipercaya oleh anggota dan masyarakat,” pungkasnya.

SUARA TOBA/SBS