Diduga Gegara Pilkades, Seorang Warga Di Huta Ginjang Pindahkan Rumahnya -->

Diduga Gegara Pilkades, Seorang Warga Di Huta Ginjang Pindahkan Rumahnya

Suriono Brandoi
Kamis, 17 Oktober 2019
Forkopimda Kecamatan Sianjur Mulamula memediasi masyarakat Desa Huta Ginjang yang diduga berkonflik karena pilkades.
Samosir(ST)
Menjelang pemilihan kepala desa (pilkades) di Kabupaten Samosir yang akan digelar serentak 31 Oktober 2019, kondisi perpolitikan di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Sianjur Mulamula sempat memanas.

Hal ini bermula saat seorang warga berinisial SS yang membongkar rumah miliknya yang sudah lama ditempatinya.

Informasi yang dihimpun media, rumah tersebut berdiri di tanah salah satu calon kepdes. Diduga calon kades tersebut meminta SS untuk mendukungnya, tapi SS tidak bersedia. 

Hal ini diduga membuat calon kades tersebut marah dan menanami batang pohon di depan rumah tersebut.

Merasa diusir secara halus, SS dengan berat hati membongkar bangunan rumah miliknya dan memindahkan ke dusun Nahulhul, yang berlokasi masih di desa itu. 

Guna meredam masalah agar jangan semakin meruncing yang berpotensi konflik tersebut, Forkopimda Kecamatan Sianjurmula yang terdiri dari pihak pemerintah kecamatan, bersama Polsek Harian dan Koramil 04 Harian langsung bergerak cepat dengan mengundang warga yang diduga berkonflik ke Kantor Desa Huta Ginjang, Kamis, (17/10/2019).

Camat Sianjur Mulamula, Rudi Sitorus meminta kepada segenap warga masyarakat untuk menjaga persaudaraan dan kekompakan yang sudah terjalin selama ini.
Warga yang diduga berkonflik berphoto bersama forkopimda Kecamatan Sianjur Mulamula seusai dimediasi.
"Jelang pilkades di sejumlah desa di Kecamatan Sianjur Mulamula nanti, kepada segenap masyarakat untuk mempererat tali persaudaraan yang selama ini terjalin dengan baik. Jangan sampai hanya karena pemilihan kepala desa saling menyakiti satu sama lain," katanya.

Dilanjutkan, setelah dimediasi hari ini bahwa saudara SS sudah ikhlas membongkar sendiri rumahnya. Ia berharap permasalahan sudah selesai. Jangan lagi diperuncing.

"Siapapun yang terpilih adalah pemimpin masyarakat semua, oleh karena itu bijaklah menghadapi pemilihan nanti," lanjut Rudi.

Hal yang sama juga disampaikan Kapolsek Harian, Iptu Herman Sembiring. Pihaknya meminta agar masyarakat menciptakan keadaan kondusif, aman dan damai.

Kapolsek juga menghimbau supaya masyarakat untuk tidak terpancing hal-hal yang dapat mengganggu pelaksanaan pilkades.

Turut hadir Koramil 04 Harian mewakili Serda Lamtor Siburian, Sekcam, Sihar Limbong, kepala desa Huta Ginjang, dan masyarakat. Hadir juga Ketua P2KD Huta Ginjang, Rinton Sagala, Kades Huta Ginjang, Marjon Sagala, dan sejumlah calon kepala desa, Antonius Sagala, Jaheden Sagala, serta Juanda Limbong.

SUARA TOBA/SBS.