Koperasi Makmur Mandiri Disejajarkan Dengan BUMN -->

Koperasi Makmur Mandiri Disejajarkan Dengan BUMN

Suriono Brandoi
Senin, 08 Oktober 2018
Ketua KSP Makmur Mandiri, Tumbur Naibaho berphoto bersama istrinya dengan latar belakang kantor pusat KMM.
Samosir(ST)
Tanggal 9 September 2018 menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Koperasi Makmur Mandiri. Dimana pada tanggal tersebut KSP ini resmi telah memiliki kantor pusat berlantai empat yang baru saja selesai direnovasi tepatnya di Suncity Square, Kota Bekasi Jawa Barat.

Kantor pusat Koperasi Makmur Mandiri ini diresmikan oleh Plt. Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Untung Tri Basuki.

Pada kesempatan itu, Untung Tri Basuki dalam sambutannya mengucapkan syukur dan selamat atas peresmian Kantor Pusat Koperasi Makmur Mandiri.

Ia menjelaskan, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri adalah salah satu koperasi yang dapat mengangkat nama baik koperasi di Indonesia. Koperasi ini dapat disejajarkan dengan BUMN, dimana KSP ini memiliki rekor tersendiri yaitu kantor yang mencapai lebih dari 100 kantor cabang dan jumlah karyawan lebih dari 1000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

“KSP Makmur Mandiri juga memiliki rekor tersendiri dengan jumlah cabang yang mencapai 100 lebih dan jumlah karyawan 1.000 orang. Ini adalah gerbong besar yang harus kita jaga bersama-sama, karena melibatkan ribuan orang,” katanya.
Ketua KMM, Tumbur Naibaho mendampingi Plt Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM saat penguntingan pita.
Untung menegaskan, berbicara koperasi adalah bagaimana memberdayakan orang dalam hal ini adalah anggota. Semakin banyak anggota, niscaya semakin kuat sebuah koperasi.

“Kita inginkan anggotanya yang banyak. Untuk menjadi anggota koperasi, syaratnya ada dua yaitu cakap melakukan tindakan hukum dan WNI,” katanya. Karena itu, rekrutmen anggota menjadi penting, berikut pendidikan tentang koperasi.

Ia berharap, anggota KSP Makmur Mandiri nantinya tak hanya 23 ribu saja, namun bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan. Selain itu kata Untung, koperasi juga harus dikelola dengan baik, karena jika pengelola koperasi profesional, akan banyak membuat orang tertarik, demikian juga sebaliknya.

Manfaatkan IT
Dalam kesempatan itu Untung juga mengatakan, kantor koperasi memang harus bagus dan menarik, karena mengarah pada koperasi yang modern. Namun tak kalah pentingnya adalah, pemanfaatan IT dalam pengelolaan koperasi.

“Sekarang kan sudah era digital, koperasi juga harus menafaatkannya. KSP Makmur Mandiri sudah memulainya dengan RAT melalui teleconference, dan harus ditingkatkan pemakaian IT-nya misalnya untuk rekrutmen anggota melalui digital dan lain sebagainya,” katanya.
Penandatanganan prasasti kantor pusat KMM.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua KSP Makmur Mandiri, Drs. Tumbur Naibaho, MM mengucapkan terimakasih atas dukungan dari seluruh stakeholder yang telah memberikan dukungan terhadap KSP Makmur Mandiri.

Tumbur Naibaho memaparkan, keberhasilan yang telah diraih oleh KSP Makmur Mandiri yang dikomandoinya sampai dengan saat ini tidak terlepas dari andil semua pihak. 

Saat ini, lanjutnya, KSP Makmur Mandiri telah mengaplikasikan teknologi dengan menggelar RAT melalui tele conference, dengan demikian pelayanan terhadap anggota akan meningkat.

Kemudian dengan adanya kantor yang baru diresmikan ini tentunya segala strategi pengembangan usaha akan dibahas di gedung yang baru ini dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.
Ketua KMM saat mendampingi Gubernur Jabar melihat video conference KSP Makmur Mandiri.
 “Kami sudah mengalokasikan dana untuk pengembangan IT dan diharapkan pada awal tahun 2019 mendatang, KSP Makmur Mandiri sudah dapat mengaplikasikan layanan digital yang diharapkan akan mampu menjaring anggota secara masif terutama dari kalangan milenial," ucapnya.

“Kalau mau koperasi berkembang di masa depan, kita harus mulai siapkan kalangan generasi muda untuk aktif menjadi anggota koperasi,” lanjutnya.

Sejumlah penghargaan yang sudah diraih KSP Makmur Mandiri antara lain, Koperasi Berprestasi tingkat Nasional 2018 dan 100 koperasi besar 2017, dan rekor Muri sebagai KSP pertama yang melakukan RAT melalui video conference.

Pada acara peresmian itu, selain Untung Tri Basuki turut hadir perwakilan dari Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, perwakilan dari Kepala Biro Umum Kementerian Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Koperasi Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Koperasi Kota Bekasi, Camat Bekasi Selatan, Lurah Margahayu, Koordinator wilayah KSP Makmur Mandiri, seluruh Kepala Cabang KSP Makmur Mandiri, anggota serta karyawan/karyawati KSP Makmur Mandiri dan tamu undangan lainnya.

SUARA TOBA/SBS.