Dinas Pariwisata Samosir Tampilkan Kekayaan Budaya Dalam Sigale-gale Carnival -->

Dinas Pariwisata Samosir Tampilkan Kekayaan Budaya Dalam Sigale-gale Carnival

Suriono Brandoi
Rabu, 15 Mei 2019
Samosir Sigale-gale Carnival 2019.
Samosir(ST)
Sebuah event menarik akan digelar di kawasan Danau Toba saat libur lebaran nanti, yaitu Sigale-gale Carnival. Acara yang merupakan event kedua dari Kalender Horas Samosir Fiesta (HSF) ini, mengambil lokasi di sepanjang jalan Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sabtu, 8 Juni 2019, pukul 14. 00 WIB.

Pada event ini akan mempertontonkan patung Sigale-Gale menari. Meski terkesan sakral dan bernuansa mistis, tapi tidak ada unsur pelibatan roh halus. Gerakan Sigale-Gale lantaran menggunakan trik khusus.

Patung-patung ini bisa bergerak lantaran setiap simpul dihubungkan dengan tali. Tali-temali diatur sedemikian rupa sehingga membuat Sigale-Gale bergerak menari.

Plt Kadis Pariwisata Samosir melalui Kabid Promosi, Shanty Harianja mengatakan, nantinya, Sigale-gale akan menari dengan diiringi musik khas Kawasan Danau Toba. Alat pengiringnya adalah Gondang Sabangunan. Nuansa karnaval dijamin akan semakin hidup.

"Sebab, Sigale-gale akan ditemani oleh banyak penari. Mereka akan menari Tortor yang juga khas budaya Samosir," ujar Shanty saat diwawancarai, Rabu, 15 Mei 2019.

Lantaran kegiatan yang bertema, "The Beauty Of Ulos," ini akan digelar di jalan raya, beragam kendaraan hias dengan nuansa budaya Batak akan semarakkan acara ini.

Parade pun dijamin semakin kaya warna. Sebab, carnival ini juga menyajikan busana patung Sigale-gale. Ada juga beragam busana tradisional Batak yang unik dan adiluhung dengan filosofi kuat. 

Adapun sejumlah acara yang akan diisi dalam event ini yakni devile kekayaan ulos, devile ulos lintas puak Batak, atraksi Sigale-gale raksasa, Tortor massal Sigale-gale, kolaborasi busana Jember carnival, devile busana modis bahan ulos, atraksi topeng Sigale-gale, dan antraksi marching band taganing.

Tak hanya itu, dalam event ini ada juga lomba menghias orang-orangan sawah, lomba becak hias wisata, lomba fashion show bahan ulos. Dan akan dihibur oleh artis ibukota.
Sigale-gale Carnival 2018.
"Semua kekayaan budaya Samosir akan ditampilkan pada acara ini. Kami optimistis komposisi Sigale-gale Carnival ini mampu menaikan kunjungan wisatawan. Apalagi ada banyak pilihan akses menuju ke sini," terang Shanty.

Ada banyak filosofi yang bisa dipelajari dari konsep Sigale-gale ini. Pokoknya semuanya luar biasa dan mengajarkan keseimbangan dalam hidup.

"Makanya, momentum ini jangan sampai terlewatkan begitu saja. Ayo datang ke Samosir, "Negeri Indah Kepingan Surga," ajak Shanty.

SUARA TOBA/SBS.