DPD IPK Kabupaten Samosir Hadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda -->

DPD IPK Kabupaten Samosir Hadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Suriono Brandoi
Selasa, 29 Oktober 2019
Kader IPK Kabupaten Samosir saat mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda.
Samosir(ST)
DPD Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Samosir ramaikan apel gabungan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-91 yang dilaksanakan Pemkab setempat di tanah lapang Kecamatan Pangururan, 28/10.

Pada acara ini turut hadir Ketua DPD IPK Kabupaten Samosir, Rikson Sitanggang beserta sejumlah kader, Ketua DPRD, Kejari, Kapolres Samosir, Pabung 0210/TU, bhayangkara/bhayangkari, para ormas, insan pers, dan perwakilan murid SMP/SMA.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainudin Amali yang dibacakan oleh Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga menyampaikan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengangkat tema “Bersatu Kita Maju”.

Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Ditambahkan, pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.
DPD IPK Kabupaten Samosir berphoto bersama forkopimda.
"Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional," lanjutnya.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa.

Maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu. Berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," tutup Juang mengakhiri sambutan.

Seusai upacara, Wakil Ketua DPD IPK Kabupaten Samosir, Hotdon Naibaho kepada wartawan mengatakan, kalangan muda siap mengawal pembangunan daerah.

"Kita harapkan para pemuda di daerah ini, berperan aktif menyokong pembangunan. Baik melalui sumbangan pemikiran, melalui kritik sehat kepada pemerintah," tegasnya.

Namun di sisi lain, Hotdon mengatakan, agar Pemkab Samosir dibawah kepemimpinan Bupati Rapidin, siap menerima kritikan pemuda.

"Jangan alergi kalau dikritik, justru keberanian melakukan kritik sehat, harus dipandang sebagai bentuk kecintaan pemuda atas perkembangan daerah ini," imbuhnya.

SUARA TOBA/SBS.